Tuesday, November 4, 2014

[JOGJA] MERAPI TOUR

Another adventure time! Perjalanan dari dieng menuju jogja ada satu lagi objek yang ga boleh dilewatin yaitu MERAPI JEEP TOUR. Apasih ini? Merapi Jeep Tour ini adalah wisata tour baru yang dibuat untuk mengunjungi bekas daerah yang terkena dampak erupsi meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2006 dan juga 2010.

Ada banyak paket yang di tawarkan untuk tour ini, ada tour pagi ( untuk melihat sunrise) ada juga tour dengan trek malam. Tapi untuk yang tidak bisa mengikuti dengan jam jam tertentu, ada juga paket regularnya yang bisa diikuti kapan saja.

1. SHORT ROUTE
Basecamp—Kali Opak—Batu Alien—Kali Gendol—Dusun Kaliadem—Hamparan Material erupsi Merapi Kaliadem—Gumuk Petung—Makam Massal Korban Merapi.
IDR 250,000 untuk 1-1.5 JAM

2. MEDIUM ROUTE
Basecamp—Kali Opak—Dusun Petung—Gardu Pandang Kopeng—Hamparan Material Merapi Kali Gendol—Air Panas Cangkringan—Batu Gajah Kepuharjo Makam Massal Korban Merapi. 
IDR 350,000 untuk 2-2.5 JAM

3. LONG ROUTE
Basecamp—Kali Opak—Dusun Petung—Gardu pandang Kopeng— Batu Gajah Kepuharjo—Makam Alm. Mbah Maridjan—Air Panas Cangkringan—Hunian Sementara Korban Merapi—Makam Massal Korban Merapi.
IDR 450,000 untuk 2.5 - 3 JAM 
  
Biar ga ribet, kita sudah booking dari Jakarta. Dan sesampainya disana sudah tersedia mobil nya YEY! Disini mereka pakai Jeep Classic terbuka : Jeep Willys tahun 1948 s.d 1972,  Jimny Jangkrik, dan Land Rover, keren banget bahkan masih ada yang setir kiri. Karena treknya sangat berdebu pasir, masing-masing kita diberikan masker dan acarapun dimulai! WOHOOOO










stop 1
MUSEUM SISA HARTAKU
Dalam tour ini, ada beberapa tempat stop yang akan di kunjungi. Museum yang terletak di dusun Petung adalah tempat kumpulan untuk barang-barang yang masih ada dari bekas letusan gunung merapi. Mulai dari alat-alat makan, komputer, sepeda, dan banyak lagi. Gemetar rasanya barang-barang aja seperti ini bagaimana dengan orang yang tinggal disekitar sini pada waktu itu? Pasti sangat mengerikan


















stop 2
BUNKER
Berikutnya ada bangker/ bunker yang pernah dibuat dan digunakan untuk berlindung dari awan panas pada letusan merapi 2010. Lokasi nya berada di dusun Kali Adem, Cangkringan.Bunker ini juga berhasil menyelamatkan beberapa orang penduduk sekitar. Dulunya Bunker ini tertutup tapi untuk menunjang pariwisata, kemudian dibuka untuk umum












stop 3
BATU ALIEN
Berikutnya ada Batu Alien, disebut demikian karena ada sebuah batu bentuknya seperti muka alien. Batu ini sendiri tidak pernah dipindahkan. Batu ini ada karena terbawa lahar panas merapi. Batu ini juga tidak mungkin di pindahkan karena beratnya lebih dari 1 ton. Jadi kebayangkan metapa kerasnya lahar panas yang menerjang daerah ini?!




stop 4
MAKAM MBAH MARIJAN
Siapa yang tidak kenal Mbah Marijan? Kuncen / Juru kunci Merapi ini terkenal karena kesetiaannya akan Gunung Merapi. Bahkan Ia sampai mati terkena wedus gembel ( awan panas ) erupsi pada tahun 2010. Sejak 1982, Ia diangkat oleh Sri Hamengku Buwono IX menjadi juru kunci mengantikan ayahnya, dan Ia berpegang teguh dengan tugasnya, hingga akhir hayatnya meski diajak anaknya untuk mengungsi tapi Ia tidak juga beranjak. Dan tempat berikut yang dikunjungi adalah Makam Mbah Marijan, disini juga ada penjual bunga buat pengunjung yang ingin "nyekar"




On the way ke tempat lain, kita juga bisa melihat selain membawa duka, kejadian meletusnya merapi juga membawa suka untuk masyarakat sekitar, banyak sekali penambangan pasir dari hasil erupsi gunung berapi. PSSSTT dulunya tempat yang digali ini adalah sungai! tapi semuanya kering karena debu dan lahar panas.





Dan ini dia salah satu driver jeep kita yang gila banget! HARUS REQUEST DIA!!! Namanya Mas Sprint karena dia suka lari dari kenyataan #eh. Tapi dia nyetir super seru dan benar-benar kaya lagi offroad. Perjalanan memang melelahkan tapi menjadi sangat menyenangkan


Dan akhirnya, selain menyenangkan  objek wisata ini benar-benar mengajarkan buat gw pribadi, bahwa kita harus terus bersyukur karena kita ga tahu apa yang akan terjadi di lingkungan sekitar kita, dan membuka mata bahwa hidup ini singkat jadi kita harus menggunakan sebaik-baiknya. Ciao!


liat rekomendasi objek-objek lain di jogja disini!


MERAPI TOUR
"86 MJTC "
Ngrangkah, Pangukrejo, Umbulharjo Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
Basecamp : (0274) 7198986 (08.00-16.00) Sdr. Mesran :  082 138 214 228 Sdr. Fitriady :  085 228 677 666     
PIN BB :315C8696
http://www.jeepmerapi.com


No comments:

Post a Comment