Sunday, November 2, 2014

[JOGJA] ELO ARUNG JERAM

 
ARUNG JERAMM!! Setelah selesai dari Borobudur, mulailah acara adrenalin kami! YES! Elo arung jeram yang terletak masih di area yang sama dengan Borobudur sangat mudah di jangkau, hanya sekitar 10 menit dari candi borobudur. Elo arung jeram memiliki lintasan yang cukup panjang yakni 12,5 KM. Untuk arung jeram sendiri punya banyak tingkatan yang sesuai dengan karakteristik sungai nya dan untuk Elo sendiri masuk dalam grade 3. Menurut kutipan dari Geo_Pala. Grade 3 sendiri terdapat riam-riam yang diiringi gelombang-gelombang yang tidak terduga. Dibutuhkan manuver untuk menghindari rintangan. Scouting diperlukan untuk membantu menentukan lintasan. Meski self rescue bisa dilakukan, kadang-kadang dibutuhkan rescue team untuk bersiaga di tepi sungai. Jadi sangat cocok buat yang masih pemula, tidak terlalu bahaya tapi juga ada tegangnya juga! Dan jangan takut, karena setiap perahu karet dipimpin oleh seorang River Guide yang akan membantu melewati rintangan yang ada. Tapi untuk yang sudah pro juga ada paket dengan grade 3+ sampai dengan grade 5.

HARGANYA BERAPA?
ELO GRADE 3 - IDR 600,000 / boat
UPPER PROGO GRADE 3+ - IDR 900,000 / boat
LOWER PROGO GRADE 5 - IDR 1,500,000 / boat
** 1 boat maximum 5 orang + 1 River Guide**
(Asuransi, Sewa alat-alat rafting, Break snack & makan siang, Sertifikat pengarungan arung jeram)
biaya tambahan fotografer : IDR 125,000
(50 soft copy foto dalam DVD & 15 hard copy foto album)

Harganya benar-benar terjangkau karena untuk menyelesaikan 12.5 KM ini memakan waktu kurang lebih 2.5 - 3 jam tergantung dari kecepatan kita mendayung perahu. Karena masih pada pemula jadi kita ambil paket elo + fotografer. Karena waktu itu masih belum kebeli Gopro dan pada takut camera dan hp nya jatuh ke air :( tapi dengan sewa segitu bener-bener murah banget karena fotografer ngikutin kita foto terus dari tepian sungai.

 Jadi setibanya disana, kita tunggu PIC yang pegang bookingan kita dan ga tunggu waktu lama, dia datang dengan "angkot" yang sudah lengkap dengan alat-alat raftingnya. Jadi ternyata dari base camp, kita harus naik kendaraan ( yang sudah termasuk harga rafting) menuju ke hulu sungai dimana kita mulai, kurang lebih dari base camp menuju hulu memakan waktu 15 menit. Oh iya setelah nawar-nawar, yang mustinya satu boat maksimum 5 orang, kita bisa berenam YEY :D 
 
 
Setelah memakai peralatan lengkap, kita di briefing singkat oleh abang River Guidenya tentang hal-hal yang akan di lakukan dan beberapa sign dalam rafting, seperti merunduk, belok kiri, belok kanan terus trik-trik yang dilakukan saat ada yang jatuh, atau ketika mau naik ke kapal dan lain-lain. Kemudian ditutup dengan doa sesuai agama masing-masing agar semua berjalan dengan lancar.



Setelah cape ngedayung kurang lebih 2 jam ( bener deh pegel banget!) kita ada break snack! YESSSS super likey, abis panas-panas, cape ngedayung, berenang renang di sungai, disuguhin pakai kelapa muda dan setampah gorengan. Rasanya pengen tidur siang aja di saung, tapi masih 3/4 jalan menuju akhir rafting. SEMANGAT!!!



Akhirnya! karena kita kelamaan leha-leha dan berenang. Kita menyelesaikan 12.5 KM ini dalam waktu 4 jam FIUH cape tapi seneng banget. Diujung sungai, kita bawa alat-alat rafting kembali ke dalam angkot yang sudah nungguin kita dari tadi dan membawa kita kembali ke base camp. Setibanya di basecamp kita mandi dan........ makan siang! Gila bener-bener abis cape olahraga makan di pendopo, menu makan siangnya ada nasi, ayam goreng, pecel, sambel, dan teh manis. Enak banget ( apa karena lapar?) Kemudian PIC yang anterin kita pakai angkot tadi, datang terus udah serahin foto-foto kita yang sudah di masukan dalam DVD dan ada beberapa yang sudah di cetak. Benar-benar recommended banget! Hope next time, kita mau balik lagi dan mau coba grade yang lebih challenging! Ciao..
liat rekomendasi jalan-jalan jogja lainnya disini!

CITRA ELO ARUNG JERAM
Jalan Raya Mendut – Sendangsono km 0,2
Borobudur, Magelang, Indonesia
Phone : (0293) 788 435
HP : 0822 2532 6662
WA : 0877 3897 5557
BB : 7DC0D8C5

Email: info@citraelo.com


No comments:

Post a Comment