Monday, November 3, 2014

[JOGJA] KAWAH SIKIDANG

Dari bukit sikunir, perjalanan menuju Kawah Sikidang hanya diperlukan 5 menit saja. Dari kejauhan kita sudah bisa melihat kepulan asap yang menjunjung tinggi. Untuk objek ini tidak ada tiket masuk alias gratis. Ketika datang masih begitu pagi, jadi warung-warung sekitar pintu masuk belum ada yang buka

Kawah Sikidang sendiri terkenal dengan anak anak berambut gimbal dan legendanya, Jaman dahulu disekitar kawah sikidang berdiri sebuah istana megah dengan tinggallah seorang putri cantik bernama Shinta Dewi. Kecantikannya membuat semua lelaki ingin meminangnya. Kemudian ada seorang pangeran kaya raya bernama Kidang Garungan dari negeri jauh mengirim prajurit untuk memberitahukan bahwa dia ingin meminangnya. Mendengar pangeran yang kaya raya itu, Putri Shinta Dewi pun langsung mau menerimanya meskipun tidak pernah bertemu. Berapa hari kemudian pangeran pun datang dengan arak-arakan untuk meminang putri. Betapa kecewa putri ketika mengetahui bahwa Pangeran tersebut bertubuh manusia tapi berkepala Kidang ( atau Kijang). Dia tidak mau menikahinya tapi sudah tidak bisa membatalkan dan putri pun punya ide untuk membatalkan pernikahan nya dengan memberikan syarat untuk membangun sebuah sumur yang besar dalam waktu sehari dengan alasan kekurangan air disekitara daerah itu. Dan Pangeran Kidang menyanggupi itu.Tanpa di ketahui putri, Pangeran tersebut ternyata sakti dan dengan tanduknya yang kuat iya menggali tanah dengan cepat. Putri pun ketakutan karena dengan setengah hari pun sudah mulai terlihat bentuk sumurnya. Lalu putri menugaskan prajuritnya untuk mengubur Pangeran Kidang hidup-hidup. Karena sedang sibuk menggali, Pangeran tidak tau bahwa iya mulai terkubur di lobang yang ia buat sendiri dan akhirnya mati. Tapi sebelum mati, iya mengutuk Putri Shinta Dewi, dan semua keturunannya akan berambut gembel.

Dan bekas galian sumur-sumur itu, lama kelamaan berubah menjadi kawah dan diberi nama Kawah Sikidang. Dan itu juga menjadi asal usul, anak-anak berambut gimbal/ gembel yang tinggal sekitar Kawasan Dieng.







liar rekomendasi jalan-jalan jogja lainnya disini!

KAWAH SIKIDANG
Dieng, Wonosobo

No comments:

Post a Comment