Sunday, February 22, 2015

[THAILAND] BTS & MRT

Kota yang kumuh, kotor, susah kendaraan? Siapa Bilang? Sekarang Bangkok sudah sangat modern malah menurut gw jauh lebih modern dan open-minded dibanding Indonesia. Nah ini sebenernya kereta cepat di Bangkok ga begitu baru tapi gw nya aja yang norak HAHAHA sudah ada dari tahun 1999 untuk BTS ( Bangkok Transit System) dan 2004 untuk MRT ( Mass Rapid Transit )

Overall mirip, bedanya 
BTS DI ATAS dan MRT DI BAWAH TANAH.  
Ok kita jelasin satu satu tapi kayanya bakal lebih detail yang BTS karena kemarin kita ga naik MRT, tapi dikunjungan sebelumnya pernah pake MRT juga. 

MRT
cuma punya 1 LINE, BLUE LINE. Terdapat total 18 stations. Dengan harga antara THB 16-42.  Yang paling penting itu, station Hua Lamphong, karena dari MRT station ini nyambung ke stasiun kereta api yang melayani jalur keluar kota Bangkok.

BTS
Sky Train ini super mudah dimengerti karena cuma ada 2 LINE, hijau muda SUKHUMVIT LINE & hijau tua SILOM LINE . Singapore aja yang punya 10 line kita ngerti apa lagi ini, apalagi MRT kan cuma 1 HAHAHA nah kalau tadi MRT nyambung dengan stasiun kereta api, BTS ga kalah penting karena station akhir Saphan Taksin, berakses langsung dengan Sathorn Pier, dermaga water taxi chaopraya. Harga untuk tiket BTS mulai dari THB 15-52.


Nah kalau ini station yang biasa kita pakai kalau kita mau jalan-jalan karena ini yang paling dekat hotel. BTS CHIDLOM
Bila naik turun dari BTS ini banyak sekali shopping center, ada Central world, Gaysorn Plaza, Big C supercenter, Amarin Plaza banyak deh! terus juga hotel hotelnya juga banyak buat yang budget bisa tinggal di hotel kita Indra Regent, Novotel, atau mungkin yang sedikit meVVah, intercontinental hotel HAHA.


Untuk sistem pembelian tiket mudah banget karena bisa pakai bahasa inggris. Untuk BTS dan MRT sama aja sistem pembeliannya Nah di Bangkok ini ada beberapa alat yang berbeda :

1. TICKET VENDING MACHINE ( TVM )
Ini yang elektronik sama kaya di negara lain, tinggal ubah ke bahasa inggris terus pilih station yang dituju, pilih more tickets untuk jumlah tiket lebih dari satu, masukan uangnya. Untuk mesin yang ini TERIMA UANG KERTAS THB 100, 50, & 20 DAN KOIN THB 10, 5, & 1.

2. TICKET ISSUING MACHINE ( TIM )
Nah kalau untuk mesin ini lebih susah karena lebih lama. Kalau ketemu station yang seperti ini pertama-tama harus liat fare information di sebelah mesin, terus tekan tombol harga di mesin, masukan uang dan ambil tiketnya deh! Alat ini hanya TERIMA KOIN THB 10, 5, & 1. Jadi buat teman-teman yang tidak ada koin jangan takut bisa tukar di Ticketing Office Station.

Sekarang udah jelas kan Bangkok bener-bener gampang banget buat jalan sendiri. Dari station-station yang banyak, pembelian tiket yang gampang, pintu exit yang jelas. Oh iya buat teman-teman yang staynya lama disini juga ada kartu one week pass dan paket-paket lainnya bisa diliat di websitenya :)
LET'S EXPLORE !

No comments:

Post a Comment