Friday, October 31, 2014

GLODOK

Siapa yang tidak tahu China Town Jakarta a.k.a Glodok. Glodok sendiri kenapa dinamakan begitu karena  berasal dari suara air pancuran dari sebuah gedung kecil persegi delapan di tengah-tengah halaman gedung Balai Kota (Stadhuis) – pusat pemerintahan Kumpeni Belanda di kota Batavia. Gedung persegi delapan ini, dibangun sekitar tahun 1743 dan sempat dirubuhkan sebelum dibangun kembali tahun 1972, banyak membantu serdadu Kumpeni Belanda karena di situlah mengalir air bersih yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tak cuma bagi serdadu Kumpeni Belanda tapi juga dimanfaatkan minum bagi kuda-kuda serdadu usai mengadakan perjalanan jauh. Bunyi air pancurannya grojok..grojok..grojok. Sehingga kemudian bunyi yang bersumber dari gedung kecil persegi delapan itu dieja penduduk pribumi sebagai Glodok.Dari nama ”pancuran” akhirnya menjadi nama sebuah daerah yang kini dikenal sebagai Pancoran atau orang di kawasan Jakarta Kota menyebutnya dengan istilah ”Glodok Pancoran”. Hingga kini kedua nama yakni Glodok dan Glodok Pancoran masih akrab di telinga orang Jakarta, bahkan hingga ke luar Jakarta. (Courtesy: Wikipedia)

Sebagai pusat percampuran budaya cina dan pribumi disini banyak sekali macam makanan yang unik dan enak. Selain makanan restaurant, disini juga sangat terkenal dengan jajanan pinggir jalannya ( street food) yang tidak kalah enak dengan yang di restaurant. Nah untuk lebih nyamannya :
PAKAI BAJU APA YA?
Baju super lancai yang nyaman baju tidur juga gpp yang penting ga mencolok karena bahaya takut banyak copet. Pakai aja kaos jelek, celana pendek, sama sendal jepit dan bawa uang secukupnya.

BUDGET NYA BERAPA?
Disini apa aja murah kecuali kalau makan chinese food restaurantnya. Kalau jajan pinggiran 20-30ribu aja udah begah banget. Tapi kalau makan mie babi dan lain-lain ya sekitar 50 ribu aja

NAIK APA YA?
 Kalau mau naik motor bisa, parkir cuma 2000, kalau naik mobil juga ok cuma parkir bayar 4000, tapi kalo weekend rada susah jadi kalau ga mau repot naik kendaraan umum aja, naik angkot M12 ( Senen Kota) atau M08 ( Tanahabang Kota ) atau naik busway Jalur 1 Kota - Blok M, turun halte Glodok .

 LET'S NOMNOM!

1. ES LILIN
Salah satu jajanan wajib buat ngilangin rada panasnya matahari di siang hari bolong! Es ini gampang banget di temui di setiap sudut jalan di glodok. Es lilin yang terbuat dari campuran santan ini punya banyak pilihan rasa, ada cokelat, stroberi, alpukat, kacang hijau, sampai rasa duren! Harganya pun murah banget, mulai dari Rp. 2,000, Kalau mau beli lebih mahal ya bisa dapet es nya lebih panjang suka-suka abangnya aja motongnya gimana HAHAHA pernah sekali ya kan kalau abang-abang gini pakai es batu dan garam sebagai pendingin alami, nah pas lagi beli rasa es lilinnya asin gara2 plastik esnya bocor HAHAHA bodoh banget >.<

2. CEMPEDAK GORENG
Nah terus lanjut rekomendasi kedua, buat yang suka ngemil-ngemil gitu ini cocok banget. Apalagi orang indonesia itu ga bisa lepas dari yang namanya GORENGAN. Nah di glodok itu ada satu gang ( tapi bukan gang petak sembilan yang banyak jual sayur) tepatnya ini gang yang banyak tukang jual dvd dan buah-buahan. Gampang banget kok carinya dari gang petak sembilan jangan belok jalan lurus lagi sampai nemuin toko" Tian Liong" dan belok deh. Disitu banyak banget jajanan dan akan ketemu beberapa toko makanan yang menjual Cempedak Goreng ini. Harganya memang cukup mahal untuk gorengan, satunya Rp 7,000. Tapi benar-benar worth it! Apalagi yang baru di goreng. Enak banget panas, manis-manis, dicocol dengan gula aren YUM!!
  
3. KETOPRAK
Masih di gang yang sama dengan cempedak, lurus lagi akan nemuin 1 grobak yang jual ketoprak! ini ketoprak paling enak yang pernah dimakan HAHA harganya Rp 15,000. Bumbunya yang super medog, terus porsinya yang besar sebenarnya buat orang yang ga serakah bisa sharing untuk 2 orang. Apalagi kalau di bungkus bawa pulang, bumbunya bisa satu plastik sendiri *DROOL*

4. ES CINCAU
Nah seberangnya tukang ketoprak ada tukang cincau, di Glodok ini juga banyak banget tukang jual cincau. Lumayan banget minum ini buat ngilangin rasa pedesnya ketoprak. Harga per gelasnya cuma Rp 5,000.
 

5. MIPAN
Sekarang perut hana udah mulai kenyang dan janji ini yang terakhir. Namanya MIPAN, biasa di jual sama abang-abang pakai pikulan dan ga selalu ada alias udah super jarang di temuin. Dan beruntung banget ini bisa ketemu hari ini hihihihi. Mipan itu terbuat dari tepung beras, dicetak dalam piring ceper yang tidak terlalu besar dan disajikan dengan gula aren yang ditambah dengan minyak goreng bawang putih. Memang rasanya unik asin gurih tapi manis juga. Harganya cuma Rp 5,000 per porsi. Sensasi masa kecil banget!

Sehubung rumah super deket sama Glodok akan ada review lainnya! Karena masih banyaaaaak banget jajanan dan restaurant di sekitar Glodok yang selalu bikin perut laper. 
AYO JAJAN!
(all photos taken by Samsung Note 2 Camera )

No comments:

Post a Comment